Pengalaman Magang di TIC Surabaya

Friday, September 26, 2014

Salah satu tempat magang favorit arek Unesa adalah TIC Surabaya. ada apa di TIC Surabaya? ada banyak banget manfaatnya. okeh ... yang penasaran, ni ane sharing gimana tata cara dan pengalaman ane di sono pas semester 8 kemaren.

1. daftar
yak, bener banget. lo musti daftar dulu kalo magang. daftarnya ke dinas pariwisata kota surabaya yang ada di jalan Aditiawarman, tepatnya di daerah belakang Surabaya Townsquare. (waktu ane kesana palang penandanya ketutupan ranting pohon yang udah lebat =___= jadi gue bolak-balik itu jalan sampe berkali-kali kaga keliatan...ah siyalllll >,<). pas uda nyampe, langsung parkir aja terus lo bakal disamperin sama satpamnya, santai aja, doi cuma nanya lo mau ngapain kok.
kalo lo mau magang biasanya langsung disuruh masuk untuk menemui pihak yang bertugas (pas jaman ane sih namanya bu Liz). bu Liz ini orangnya asik kok, waktu ane bilang mau magang dia langsung mengeluarkan kitab suci daftar antri magang (kita booking sebulan sebelumnya, kalo lo beruntung lo bisa langsung magang gak pake antri) janjian, dicatet, surat dari sekolah bisa nyusul.
sebenernya sih ane pengen magang di dispartanya langsung, namun karena ga ada kerjaan buat kita, kita disuruh milih ke TIC atau ke Tugu Pahlawan jadi Guide gitu deh

2. konfirm ke TIC Surabaya, 
lokasinya di Balai Pemuda jl Gubernur Suryo, habis SMA6, deketnya Grahadi, masih gak tau? habisnya Tunjungan Plasa...... Masih gak tau? ya udah pesen taksi aja sono!!!!. 
nah, balai pemuda sendiri kan gede, TIC nya ada di bagian deket pintu keluar parkir ada tulisannya geeeede nempel genteng, yang agak bingung biasanya nyari pintu masuknya dimana, karena pintunya banyak banget... so... cari aja yang ditempelin tulisan open/close. 
begitu masuk biasanya langsung disamput sama anak magang disana, bilang aja mau konfirm, ntar di temui langsung sama officernya. 
biasanya setelah janjian tanggal, lo dikasih kertas isinya peraturan umum, kalo gak salah isinya:
1. harus berpakaian rapi, kemeja warna cerah dan bawahan gelap serta menggunakan almamater
2. kamis dan jumat pake atasan batik
3. pake sepatu gelap
4. boleh berjilbab tapi jangan alay
5. jam magang 8 jam sehari
6. masuk pagi jam 7:30 pulang jam 4 sore, masuk siang jam 11:30 pulang jam 8 malem 
7. bawa buku dan alat tulis
8. bawa kamus oxford (yang gak punya beli aja di blauran cuma 10rebu =___=)
9. bawa tempat buat name tag
10.....udah kayaknya

3. magang
ngapain aja sih magang disono?
belajar...
itu doang?
iyah
disana kita disuruh untuk mempelajari tempat wisata yang ada di surabaya, sejarah dll. secara, TIC kan tempat turis nanya2, gak lucu kan kalo yang ditanya gak tau apa2? 
biasanya sih ente pas dateng ngisi absen, trus ngisi kertas laporan daily activity. apa aja isinya....
apa aja yang lo pelajari hari itu, lo serving berapa orang, pokoknya lo hari itu ngapain... semua ditulis

nih spoiler buku yang bisa ente jadiin sumber




selain itu biasanya setiap weekend ente bakal disuruh jalan2, biar tau keadaan real tempat wisatanya.. jalan2, foto2, terus ditulis dalam bentuk laporan... idihh bahasa ane serem ye, laporan..haha laporannya gampang kok, cuma nyeritain ada apa aja ditempat wisata tersebut. biar lo punya gambaran dan bisa jelasin ke turis yang nanya dengan sebaik mungkin. 


biasanya disana turisnya lokal apa internasional?
dua-duanya ada
berarti harus bisa bahasa inggeris donk?
ya iya kelessssssss, hari gini gak bisa bahasa inggris? kemane aje lo? hidup di hutan?
tapi kan susah, gue gak bisa bahasa inggris?
plis deh, uda belajar bahasa inggris cari esde masa greeting aja ga bisa =___+

ada banya turis lokal, tapi yang interlokal (?) juga ga kalah banyak. maka ente harus bisa ngerti bahasa inggris, pasif juga gapapa kan namanya belajar ye..., apa bahasa inggris aja udah cukup?.... eng,,,, enggak! malah kadang turis dari asia timur banyak yang ga bisa bahasa inggris, mis: jepang, korea, china dan taiwan. kadang juga ada bule yang ga bisa bahasa inggris juga, mis: orang perancis dan rusia. kalo kayak gini ya terpaksa pake bahasa tarsan!.

maka dari itu TIC sangat welcome dengan mahsiswa bahasa asing yang mau magang, mereka bakal sangat terbantu, timbal baliknya,,, anak magang bisa praktek langsung sama native dongggg

4. laporan
tic gak minta kenang2an, terimakasih atau apalah itu, mereka juga gak minta laporan lo yang dijilid hard cover, mereka cuma minta kalian bikin buku rangkuman mengenai satu topik pariwisata yang judulnya udah di tentukan. kalo laporan ke universitas itu yaaaa urusan kalian sendiri ye :p


yang terakhir nih, ane sharing kurang lebihnya magang disana
yay:
1. lo bakal dapet ilmu mengenai how to serving visitor, semacam basic grooming gitu deh
2. bahasa inggris bakal lebih lancar soalnya praktek terus, salah ato bener grammar di tabrak aja yang penting makna tersampaikan dengan benar lol
3.ketemu banyak temen baru, biasanya yang magang disana ampai 12 orang dari universitas yang berbeda selain itu disono tempat basecamp nya paguyuban cak ning surabaya
4.lo ga bakal tersesat disurabaya lagi, secara lo kan udah hapalin peta surabaya hahahaha
5. dapet sertifikat dari dinas

nay:
1. magangnya 31 hari kerja, kurang lebih tiga bulan
2. kalo ga ada visitor, baca buku sampeeeeee bosannnnn

freddy_friday.... any question?


You Might Also Like

3 comments

  1. kak magang disana berapa bulan ya??

    ReplyDelete
  2. wah ternyata sudah ada infonya brp bulan :D maaf g baca dgn teliti
    makasih banyak infonya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete

Popular Posts